Monday, November 5, 2012


5 Masker Wajah Alami untuk Merawat Wajah Anda


Sebagai perempuan, pastilah mempunyai keinginan untuk selalu menjaga kecantikan dan melakukan perawatan wajah.. Untuk itu, banyak wanita berbondong-bondong pergi ke salon kecantikan dan memborong berbagai produk kecantikan dengan nominal yang tidak kecil.
Borosnya pengeluaran untuk perawatan kecantikan ini sesungguhnya bisa disiasati dengan membuat masker alami sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam kulkas Anda. Masker alami ini selain murah, efek negatifnya bisa diminimalisir karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali.
Berikut beberapa masker wajah alami yang bisa Anda praktikkan untuk perawatan wajah, yakni sbb:

Masker Jeruk


Ambil satu buah jeruk dan peras airnya. Air jeruk tersebut kemudian tambahkan dengan yoghurt secukupnya. Masker ini sangat baik karena banyak mengandung AHA yang berfungsi mengurangi kusam pada wajah dan menyegarkan kulit.
Fungsi yoghurt berfungsi melembutkan kulit karena mengandung asam laktat yang mengikis sel kulit mati. Jus jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang membantu mencerahkan wajah. Gunakan masker jeruk ini pada wajah dan biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. Masker ini mempunyai efek instan untuk melembutkan kulit dan membuat kulit bercahaya.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

  1. Jeruk nipis diperas hingga airnya keluar sempurna. Kamu bisa mengambil beberapa jeruk nipis secukupnya ladies, karena satu buah jeruk nipis sepertinya kurang terasa khasiatnya.
  2. Setelah kamu mendapatkan air perasan jeruk nipis, kamu tambahkan madu, kurang lebih sekitar satu sendok teh. Setelah itu, kamu aduk-aduk hingga tercampur dengan madu tersebut
  3. Setelah madu dan air perasan jeruk nipis tercampur satu dengan yang lain, untuk mendapatkan hasil masker yang lebih sempurna, sebaiknya kamu tambahkan juga ke dalam campuran tersebut minyak zaitun. Tidak perlu banyak, cukup sedikit saja ladies. Aduk hingga ketiga campuran tersebut tercampur secara sempurna

Masker Madu

Membuat masker alami ini cukup mudah, hanya campuran madu dan susu yang dicampur rata. Saat pengaplikasian, biarkan masker wajah ini hingga agak mengering lalu bersihkan dengan air hangat seperti biasa. Asam laktat pada susu dan kandungan madu pada masker ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga masker herbal mengurangi kusam pada wajah.
Jika ini dilakukan secara rutin, maka jangan heran jika hari demi hari kulit anda akan halus dan senantiasa lembab.

Masker Telur

Fungsi Putih telur akan mengencangkan kulit wajah Anda dan mengecilkan pori-pori wajah. Campurkan satu sendok teh putih telur deng satu sendok teh madu serta satu sendok teh minyak zaitun. Usapkan pada wajah dan leher hingga kering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin maka putih telur akan mengecilkan pori-pori wajah Anda. Cara ini juga bisa melembutkan kulit..

Masker Mentimun

ambil mentimun sebanyak setengah potong. Selanjutanya mentimun yang telah dicuci bersih tersebut dicacah dan dilumatkan. Kulit wajah, tangan, dan kaki dicuci bersih kemudian diolesi dengan mentimun yang telah dilumatkan sebelumnya. Biarkan masker wajah ini beberapa menit hingga agak mengering . Setelah itu cuci dengan air dingin. Cara merawat wajah herbal ini bisa Anda lakukan setiap sore untuk mendapatkan kulit yang lebih segar dan kencang

Masker Kentang

Kentang yang biasa digunakan sebagai pelengkap sayur ternyata bisa digunakan untuk merawat wajah cantik Anda loh… Gunakan kentang secukupnya, kupas lalu parutlah hingga halus. selanjutnya campurkan hasil parutan tersebut dengan air mawar. Lalu, usapkan ke wajah dan leher. Biarkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat.

Temukan Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan
Pepaya atau yang dikenal dengan nama latin Carica pepaya sudah sangat familiar sekali keberadaannya di Indonesia. Anda tahu, meskipun sangat banyak tumbuh di Indonesia, pepaya ternyata tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Serikat.
Kandungan Buah Pepaya

Manfaat pepaya seringkali diragukan karena harga jualnya yang lebih murah dibandingkan komoditi buah yang lain. Padahal, pepaya ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan dankecantikan alami. Karoten yang dikandung oleh pepaya yang matang memilki kandungan lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah seperti apel dan jambu,
Selain kandungan karoten yang tinggi, pepaya juga kaya akan vitamin C dan vitamin A. Selain itu pepaya juga mengandung kalsium, besi, tiamin, riboflavin, dan niacin. Ada lagi, pepaya juga memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk Anda yang sedang melakukan diet.
Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada pepaya yang membuat buah ini memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan serta kecantikan. Untuk kesehatan, pepaya diketahui bisa mencegah kanker, mengurangi resiko penyakit pada pencernaan, menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah, mencegah hipertensi, serta melindungi Anda dari penyakit jantung.
Pepaya Untuk Kecantikan
Pepaya juga sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Saat ini sudah banyak produk kosmetik herbalseperti shampoo, krim wajah, dan salep yang mengandung ekstrak pepaya. Manfaat pepaya ini juga sudah sangat terkenal di masyarakat Jawa untuk membersihkan wajah.
Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat pepaya :
a. Mencegah keriput dan penuaan dini
Buah yang kaya akan antioksidan ini sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat kulit Anda mengalami penuaan kulit serta masalah kulit lainnya. Jadi, untuk menjadikan kulit kesayangan Anda awet muda gunakanlah pepaya sebagai bahan kecantikan untuk perawatan wajah Anda.
Cara yang bisa Anda gunakan yakni gunakan pepaya secukupnya dan hancurkan. Pepaya yang telah dihancurkan ini selanjutnya oleskan langsung pada wajah. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air hangat
b. Menghilangkan Jerawat
Untuk menghilangkan jerawat, gunakan pepaya yang sudah dihancurkan dan dicampur dengan satu sendok makan madu. Lalu campuran ini langsung oleskan ke wajah Anda, dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk memaksimalkan  penyembuhan, konsumsi pula buah papaya yang telah masak secara rutin.


4 Manfaat Putih Telur Terpopuler untuk Kecantikan

Dalam telur, terdapat dua bagian besar yakni putih telur dan kuning telur. Dua-duanya memiliki kandungan gizi yang baik. Untuk merawat wajah, bagian yang sering digunakan yakni putih telur karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kuning telur. Putih telur atau yang dikenal dengan nama albumin sarat akan protein dan tidak mengandung lemak.
Putih telur memiliki manfaat untuk mengangkat kulit mati pada wajah sehingga wajah menjadi lebih bersih dan cerah. Selain itu masih banyak manfaat putih telur untuk merawat wajah Anda, yakni sbb :
Mengencangkan dan Melembabkan kulit Wajah
Putih telur memberikan rasa kencang pada kulit wajah dan membuat pori-pori wajah menjadi lebih kecil. Campurkan satu sendok teh putih telur dengan satu sendok teh madu serta satu sendok teh minyak zaitun.
Usapkan pada wajah dan leher hingga kering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin maka pori-pori wajah akan mengecil. Cara ini juga bisa membuat kulit Anda lembut.
Cara lain yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengocok putih telur hingga sedikit berbusa. Lalu, usapakan pada wajah langsung dan selanjutnya bilas dengan air hangat.
Menghilangkan Kantong Mata
Sering tidur larut atau terlalu banyak beraktivitas bisa menyebabkan mata lelah dan berkantung. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kacantikan Anda. Untuk mengatasinya oleskan putih telur tipis pada kantong mata dan biarkan hingga 10 menit atau hingga kering. Setelah itu bilas..
Melawan Iritasi Kulit
Masker telur sangat cocok untuk mengobati iritasi kulit. Hal ini karena telur mengadung asam amino guna mengurangi peradangan kulit. Kandungan protein yang tinggi juga cukup bagus untuk wajah. Untuk melawan iritasi kulit pada tubuh campurkan putih telur dengan sabun mandi Anda. Secara alami, kulit yang teriritasi akan sembuh.
Merawat Keindahan dan Kesehatan Rambut
Untuk perawatan rambut, gunakan putih telur yang dicampur dengan ar dan diaplikasikan langsung ke rambut seperti memakai cem-ceman atau hair tonic. Untuk masker rambut, kocok telur hingga mengembang atau hingga berbusa putih kaku dan diusapkan ke rambut lalu dibilas.

1. Masker Putih Telur

Fungsinya : Mengencangkan kulit wajah
Caranya : Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya. Campurkan putih telur dengan jeruk nipis dan madu. Lalu gunakan pada wajah selama 10 menit, dan bersihkan dengan air hangat. Cocok untuk kulit wajah normal dan cenderung berminyak.

2. Masker Kuning Telur

Fungsinya : Kuning telur yang mengandung banyak vitamin A, mampu membantu menghilangkan noda bekas jerawat.
Caranya : Pisahkan kuning telur dengan putih telurnya. Cukup oleskan kuning telur ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit. Bersihkan dengan air dingin. Cocok untuk kulit wajah berminyak.

3. Masker Beras

Fungsinya : Memutihkan dan mengencangkan kulit
Caranya : Beras direndam selama semalam, lalu ditumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk. Lalu dijemur hingga kering, bisa dicampur madu jadikan seperti masker bedak. Setelah rata di pakai tunggu sekitar 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

4. Masker Lidah Buaya

Fungsinya : Menghaluskan wajah
Caranya : Lendir lidah buaya diambil, langsung oleskan pada wajah secara merata, tunggu sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.

5. Masker Pepaya

Fungsinya : Menghilangkan jerawat.
Caranya : Pepaya dihaluskan dengan blender. Boleh dicampur dengan jeruk nipis. Setelah halus,tempelkan pada wajah selama 15-20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

6. Masker Nanas

Fungsinya : Menyegarkan kulit
Caranya : Nanas dikupas kulitnya, dan diparut. Lalu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 5-10 menit, setelah kering lalu dibersihkan.

7. Masker Madu

Fungsinya : Melembutkan wajah
Caranya : Oleskan madu keseluruh wajah, memang madu lengket dan memakainya terasa tidak nyaman, tapi jika rutin memakainya kulit wajah akan halus dan lembut. Untuk kulit sensitif dan bermasalah, campurkan madu dengan oatmeal. Setelah masker madu kering, lalu bilas dengan air hangat.

8. Masker Bengkoang

Fungsinya : Memutihkan dan menghilangkan noda hitam di wajah
Caranya : Campur masker bengkoang dengan air mawar. Kemudian oleskan ke seluruh wajah. lalu bilas dengan air.

9. Masker Tomat

Fungsinya : Menghaluskan wajah, melincinkan kulit wajah menghilangkan noda hitam dan jerawat di wajah.
Caranya : Pilih tomat yang segar. Usapkan tomat yang sudah di potong ke wajah, dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hangat.

10. Masker Apel

Fungsinya : kandungan zat anti lemaknya mampu mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah.
Caranya : Haluskan apel dengan blender. Kemudian oleskan pada wajah, biarkan hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Cocok untuk kulit berminyak karena kandungan zat alami pada apel bisa menetralisir minyak yang berlebih pada wajah.

11. Masker Pisang

Fungsinya : Membuat kulit akan tampak lebih mulus serta bersih
Caranya : Lumatkan 1/2 potong buah pisang, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan bilas lagi dengan air dingin.

12. Masker Anggur

Fungsinya : Mengurangi kerutan pada wajah.
Caranya : Potong buah anggur menjadi 2 bagian, lalu oleskan potongan tersebut (dengan bagian yang berair bersentuhan dengan kulit wajah) pada wajah sampai leher, serta pastikan area yang mulai menampakan kerut tak terlewatkan. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih, lalu keringkan.

13. Masker Wortel

Fungsinya : Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sumber vitamin C dan potasium.
Caranya : Rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut. Campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 10 menit. Bersihkan dengan air dingin. Cocok untuk kulit normal dan cenderung berminyak.

No comments:

Post a Comment